Waqfi jadid: Perbedaan revisi

Dari Isa Mujahid Islam
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
(Artikel rintisan tentang waqfi jadid)
 
(Menambahkan bahan dari Alhakam)
 
Baris 5: Baris 5:
 
“Sekarang, saya meluncurkan skema untuk wakaf jenis baru. Saya telah menyebutkannya dalam sebuah khotbah pada 9 Juli 1957…
 
“Sekarang, saya meluncurkan skema untuk wakaf jenis baru. Saya telah menyebutkannya dalam sebuah khotbah pada 9 Juli 1957…
  
Tujuan dari wakaf ini adalah untuk membuat jaringan para muallimin kami (dai yang berkhidmat untuk Waqf-e-Jadid) dari Lahore ke Karachi. Harus ada muallim yang hadir di semua tempat dalam jarak dekat, yaitu 10 hingga 15 mil. Dia harus memulai madrasah atau menjalankan toko dan tinggal dan bekerja di antara orang-orang di area sepanjang waktu. Ini adalah skema yang sangat luas, tetapi saya telah memutuskan untuk mengambil hanya 10 muallim pada awalnya, mengingat biayanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa muallim dapat diambil dari Afrika atau negara lain, tetapi bagaimanapun juga, awalnya dengan 10 muallim dan kemudian lebih banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi ribuan”.<ref>Al Fazl, 16 Februari 1957, hal. 3</ref> <ref>ahmadipedia.org - [https://www.ahmadipedia.org/content/scheme/19 waqf-e-jadid]</ref>
+
Tujuan dari wakaf ini adalah untuk membuat jaringan para muallimin kami (dai yang berkhidmat untuk Waqf-e-Jadid) dari Lahore ke Karachi. Harus ada muallim yang hadir di semua tempat dalam jarak dekat, yaitu 10 hingga 15 mil. Dia harus memulai madrasah atau menjalankan toko dan tinggal dan bekerja di antara orang-orang di area sepanjang waktu. Ini adalah skema yang sangat luas, tetapi saya telah memutuskan untuk mengambil hanya 10 muallim pada awalnya, mengingat biayanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa muallim dapat diambil dari Afrika atau negara lain, tetapi bagaimanapun juga, awalnya dengan 10 muallim dan kemudian lebih banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi ribuan”.<ref name=":0">Al Fazl, 16 Februari 1957, hal. 3</ref> <ref group="Referensi Sumber">ahmadipedia.org - [https://www.ahmadipedia.org/content/scheme/19 waqf-e-jadid]</ref>
 +
 
 +
Gerakan Waqf-e-Jadid juga merupakan salah satu prestasi besar Hazrat Muslih Mau'ud (ra) Dalam khotbah Idul Adha pada tanggal 9 Juli 1957, Hazrat Muslih Mau'ud menyatakan:
 +
 
 +
“Adalah keinginan saya bahwa jika ada anak-anak muda seperti itu yang memiliki keinginan di dalam hati mereka untuk mengikuti jejak Hazrat Khawaja Moinuddin Sahib Chishti (rh) dan Hazrat Shahabuddin Sahib Suhrawardy (rh), maka seperti halnya para pemuda Jemaat yang mendedikasikan hidup mereka di bawah Tahrik-e -Jadid, mereka harus mendedikasikan hidup mereka langsung kepada saya sehingga melalui saya, mereka dapat melakukan tugas mendidik umat Islam. Mereka harus menerima instruksi dari saya dan kemudian melayani di negara ini [Pakistan]. Negara kita tidak sepi dari segi populasi, tetapi sangat sepi dari segi ruhani […]
 +
 
 +
“Jadi saya ingin para pemuda Jemaat memiliki keberanian dan mendedikasikan hidup mereka untuk tujuan ini. Mereka tidak akan dipekerjakan di bawah Sadr Anjuman Ahmadiyah atau Tahrik Jadid, tetapi sebaliknya, mereka akan menggunakan cara-cara itu untuk penghidupan mereka, yang akan Aku beritahukan kepada mereka. Dengan demikian, mereka secara bertahap akan membangun komunitas [jamaat] baru di dunia [...] dan menciptakan Rabwah baru dan Qadian baru [...] Mereka akan mengajar orang-orang Al-Qur'an dan hadits dan melatih siswa mereka. Dengan cara ini, era sufi lama akan muncul kembali di seluruh negeri”.<ref>Al Fazl, 1 Agustus 1957, hlm.4-5</ref>
 +
 
 +
Dia kemudian menguraikan skema dalam pidatonya di Jalsah Salanah pada 27 Desember 1957 dan bersabda:
 +
 
 +
“Sekarang, saya meluncurkan skema untuk wakaf [pengabdian] jenis baru. Saya telah menyebutkannya dalam sebuah khotbah pada 9 Juli 1957 […] Tujuan dari wakaf ini adalah untuk menciptakan jaringan para mualim kami [muallim yang didedikasikan untuk skema Waqf-e-Jadid] dari Lahore ke Karachi. Muallim harus ada di semua tempat dalam jarak dekat, yaitu 10 sampai 15 mil. Dia harus memulai madrasah atau menjalankan toko dan tinggal dan bekerja di antara orang-orang di daerah itu sepanjang waktu.
 +
 
 +
“Ini adalah skema yang sangat luas, tetapi saya telah memutuskan untuk mengambil hanya 10 pengkhidmat pada awalnya, mengingat biayanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa pengkhidmat dapat diambil dari Afrika atau negara lain, tetapi bagaimanapun juga, awalnya adalah dengan 10 pengkhidmat dan kemudian lebih banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi ribuan”.<ref name=":0" />
 +
 
 +
Dalam khutbah Jum'atnya pada tanggal 3 Januari 1958, Hudhur mengatakan bahwa Jemaat harus ingat bahwa jika ingin membuat kemajuan, ia harus berkorban dan menyebarkan jaringan bimbingan dan reformasi. Hudhur berkata:
 +
 
 +
“Jadi saya mendesak Jemaat untuk memperhatikan wakaf ini sesegera mungkin dan menjadikan diri Anda penerima pahalanya. Ini adalah hadiah yang Anda dapatkan secara gratis. Jika Anda tidak mengambilnya, itu akan diberikan kepada orang lain, bukan Anda”.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 5</ref>
 +
 
 +
Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menulis pesan khusus kepada anggota Jemaat pada 5 Januari 1958 untuk menjelaskan lebih lanjut skema ini. Dia menyatakan bahwa pada 27 Desember 1957, dia telah mengajukan proposal penting untuk reformasi dan bimbingan, yang memiliki dua bagian, yaitu wakaf dan candah. Ia menjelaskan bahwa meskipun ia tidak menyatakan candah sebagai wajib, tetapi setiap Ahmadi harus berusaha untuk menyumbangkan enam rupee per tahun dalam satu lump sum atau melalui 12 kali angsuran.
 +
 
 +
Hudhur menyatakan bahwa Jemaat dapat dengan mudah memiliki 100.000 orang seperti itu dan jika mereka menyumbang dengan cara ini, Jemaat dapat dengan mudah menyebarkan skema bimbingan dan reformasi – dari Dhaka ke Karachi, dari Karachi ke Multan dan kemudian melalui Lahore dan Rawalpindi, ke Peshawar dan lembah Hazara.
 +
 
 +
Hudhur mengatakan bahwa lima permintaan telah diterima setelah khotbahnya, dua di antaranya adalah maulvi fazil [pemegang gelar] dan lainnya telah lulus ujian matrikulasi, dengan satu yang memiliki pendidikan sederhana.
 +
 
 +
Dalam pesan yang sama, Hudhur berkata:
 +
 
 +
“Tugas ini dari Tuhan Yang Maha Esa dan pasti akan terlaksana. Karena Tuhan Yang Maha Kuasa telah menaruh skema ini di hati saya, bahkan jika saya harus menjual rumah dan pakaian saya, saya akan tetap memenuhi kewajiban ini. Bahkan jika tidak ada satu pun anggota Jemaat yang mendukung saya, Tuhan akan memisahkan mereka yang tidak mendukung saya dan menurunkan malaikat dari Surga untuk membantu saya. Jadi, saya menyatakan sekali lagi demi itmam-e-hujjat [penyelesaian tanggung jawab] bahwa orang harus memperhatikan pengorbanan keuangan dan wakaf juga”.<ref>Tarikh-e-Ahmadiyyat, Jilid 20, hlm. 6-7</ref>
 +
 
 +
Hudhur berharap para pemilik tanah Ahmadi yang terhormat akan mendedikasikan tanah mereka di sekitar desa masing-masing, dari Karachi hingga Peshawar, untuk skema ini. Kemudian, para penyembah akan mengolah tanah itu dan itu akan membantu menjalankan skema.
 +
 
 +
Pada tanggal 5 Januari 1958, Muslih Mau'ud (ra) memerintahkan wakil-e-ala untuk mentransfer 600 rupee dari rekening pribadi Hudhur Tahrik-e-Jadid ke rekening Waqf-e-Jadid. Dengan cara ini, fondasi sistem keuangan Waqf-e-Jadid diletakkan melalui donasi yang diberkati ini.<ref>Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 19</ref>
 +
 
 +
Pada 9 Januari 1958, Hudhur mengangkat Syed Munir Ahmad Sahib Bahri sebagai penanggung jawab Wakaf Jadid dan memerintahkannya untuk membuka kantor. Pada hari yang sama, kantor ini didirikan di gedung sekretariat swasta. Resolusi pertama Waqf-e-Jadid terjadi pada 13 Januari 1958.<ref>Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal.20</ref>
 +
 
 +
Kemudian, dalam khutbah Jum'atnya pada 10 Januari 1958, Hudhur mengatakan bahwa struktur wakaf yang dia hadirkan kepada Jemaat masih membutuhkan banyak uang. Diperlukan minimal 600.000 rupee per tahun untuk ini.
 +
 
 +
Hudhur menyebutkan bahwa Hazrat Sir Zafarullah Khan (ra) telah menjanjikan sumbangan atas namanya dan keluarganya dan juga berjanji untuk menyumbangkan 10 hektar tanahnya di bawah skema ini. Huzur ra mengatakan bahwa dia sendiri akan mendedikasikan 10 hektar di distrik Tharparkar atau distrik Hyderabad.
 +
 
 +
Lebih lanjut Hudhur bersabda:
 +
 
 +
“Perang kita bukanlah perang pedang, tetapi perang argumen. Dan selama perang argumen, orang yang memiliki semangat kerja tidak pernah mengatakan bahwa dia akan menunjukkan punggungnya di medan argumen, tetapi jika saatnya tiba untuk bersaing, dia akan menjadi yang pertama dan utama [untuk bersaing] dan tidak akan meninggalkan janji kurban sampai kematiannya”.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 17</ref>
 +
 
 +
Hudhur berharap jika contoh ini diikuti, maka menurutnya skema tersebut akan sukses besar.
 +
 
 +
Hudhur menambahkan:
 +
 
 +
“Lihatlah para Sahabat [Nabi Suci]: mereka dulu berperang dengan pedang dan mereka mati syahid di medan perang, tetapi mereka tidak takut sama sekali”.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 18</ref>
 +
 
 +
Setelah menceritakan pengorbanan para Sahabat, Hudhur mengatakan bahwa jika seseorang menciptakan keberanian seperti itu dalam diri mereka, maka menyebarkan agama bukanlah hal yang sulit.
 +
 
 +
Hudhur menambahkan:
 +
 
 +
“Rahmat Tuhan akan segera turun. Sekarang tidak mungkin bagi Surga untuk menahan bantuannya untuk waktu yang lama. Selama sekitar 25 hingga 26 tahun, Hadhrat Masih Mau'ud as mendengarkan hinaan dari musuh-musuhnya […] tetapi dia terus berkhotbah. Kemudian, kami juga melanjutkan tugas [tabligh] ini selama sekitar 50 tahun. Seluruh periode ini mencapai sekitar 75 tahun secara total. Lagi pula, Allah SWT tidak mengizinkan suatu bangsa dianiaya, dipukuli dan dirajam selama 75 tahun dan itupun tetap diam. Sekarang, saya pikir – lebih tepatnya, saya yakin – bahwa waktunya telah tiba bahwa pertolongan Allah Yang Mahakuasa akan turun dari Surga”.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 19-20</ref>
 +
 
 +
Pada 12 Januari 1958, Anjuman Waqf-e-Jadid resmi didaftarkan. Hudhur menyetujui anggota berikut:
 +
 
 +
# Pengacara Syekh Muhammad Ahmad Mazhar Sahib (Ketua)
 +
# Syed Munir Ahmed Bahri Sahib (Sekretaris)
 +
# Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh
 +
# Maulana Abul Ata Jalandhari Sahib
 +
# Maulvi Abul Munir Noorul Haq Sahib
 +
# Maulvi Abdur Rahman Anwar Sahib
 +
# Chaudhry Muhammad Sharif Sahib Fazil
 +
 
 +
Setelah itu, Hudhur menyampaikan pesan khusus lainnya pada 13 Januari 1958. Beliau menyatakan bahwa apakah seseorang mampu membayar 12 rupee setahun atau 50 rupee, mereka harus memberikan sumbangan sesuai dengan situasi keuangan mereka.
 +
 
 +
Hudhur mengatakan bahwa sumbangannya telah diterbitkan sebagai 600 rupee. Niatnya adalah jika Tuhan Yang Maha Kuasa memberinya kekuatan, dia akan menyumbangkan 6.000 rupee.
 +
 
 +
Hudhur menambahkan bahwa bahkan di bawah Tahrik-e-Jadid, dia tidak meningkatkan sumbangannya sekaligus. Tahun pertama, dia menyumbang 300 rupee, dan tahun ini, dia menjanjikan 11.000 rupee.
 +
 
 +
Hudhur berdoa agar Allah SWT akan membantunya untuk meningkatkan kontribusinya untuk skema ini hingga 25.000 rupee atau lebih, dan seluruh Jemaat harus secara kolektif menyumbangkan 600.000 hingga 700.000 rupee.
 +
 
 +
Dia mengatakan bahwa hanya dengan begitu Jemaat dapat menyebarkan jaringan bimbingan dan reformasi dari Karachi ke Peshawar, insya Allah.
 +
 
 +
Hudhur berdoa agar Allah membimbing anggota Jemaat dan membantu mereka untuk berpartisipasi dalam perbuatan baik dan memberkati kekayaan mereka sehingga mereka dapat secara efektif melayani di jalan agama.
 +
 
 +
Dalam khutbah Jum'atnya pada tanggal 17 Januari 1958, Hudhur menyebut upaya dakwah orang-orang Nasrani dan menyatakan bahwa jika mereka bisa begitu antusias dengan agama mereka, lalu mengapa tidak ada semangat di antara orang-orang untuk mendukung Islam, yang merupakan agama yang benar.
 +
 
 +
Hudhur berkata bahwa hanya kelalaian kami yang tidak membuat orang bersemangat; sebaliknya jika ada semangat di dalamnya, maka akan menyebar begitu luas sehingga Langit dan Bumi akan berguncang dan Islam akan terlihat di mana-mana di dunia.
 +
 
 +
Hudhur menjelaskan:
 +
 
 +
“Ketika kalian semua bergerak maju untuk ibadah, ketahuilah bahwa sangat penting bahwa jika satu juta orang bergerak maju dan masing-masing menyampaikan kebenaran kepada 10 orang, maka tahun berikutnya akan ada 10 juta Ahmadiyah. . Kemudian kita akan memiliki 100 juta Ahmadiyah tahun depan dan akhirnya, kita akan memiliki 1 miliar Ahmadiyah pada tahun berikutnya.
 +
 
 +
“Artinya Ahmadiyah akan menyebar ke hampir seluruh negara di dunia. Tapi ini membutuhkan antusiasme. Saat ini Jemaat kita berada dalam jumlah yang begitu besar, atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, sehingga jika memenuhi semua kewajiban dan membangkitkan semangat orang lain, maka dalam waktu yang sangat singkat, hanya akan ada Ahmadiyah di seluruh pelosok dunia.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 27-28</ref>
 +
 
 +
Seiring dengan sistem keuangan Waqf-e-Jadid, wawancara dan seleksi jamaah juga dimulai. Sambil menyetujui jamaah terpilih, Hudhur mengatakan bahwa perjuangan reformasi dan pendidikan harus dimulai melalui 10 muallimin sejak awal.
 +
 
 +
Sebuah kelas pelatihan singkat diatur dan segera, sekelompok muallimeen siap untuk lapangan.
 +
 
 +
Pada tanggal 31 Januari 1958, kantor Waqf-e-Jadid dan Majlis-e-Tujjaar [Asosiasi Pedagang] menyelenggarakan pesta malam terpisah untuk menghormati muallimeen, di mana Maulana Ghulam Rasool Rajekira dan Maulana Jalaluddin Syams Sahib masing-masing memimpin doa. .
 +
 
 +
Keesokan harinya, pada tanggal 1 Februari 1958, Hazrat Sahibzada Mirza Bashir Ahmad (ra) bersama anggota lainnya memimpin doa hening di Stasiun Kereta Rabwah dan delegasi pertama muallimin Waqf-e-Jadid berbaris menuju tujuan mereka.
 +
 
 +
Lima delegasi lagi dikirim pada bulan Maret, April, Mei dan September tahun yang sama. Dengan demikian, hingga September 1958, 81 muallimin Waqf-e-Jadid telah aktif.
 +
 
 +
Yaum-e-Waqf-e-Jadid (Hari Waqf-e-Jadid) pertama dirayakan pada tanggal 9 Februari 1958, untuk menyampaikan tiga tuntutan Waqf-e-Jadid kepada Jemaat dan untuk mengumpulkan daftar lengkap dengan janji-janji chanda dari anggotanya.
 +
 
 +
Dalam khotbah Jumatnya pada tanggal 28 Februari 1958, Hudhur berkata:
 +
 
 +
“Laporan yang datang saat ini sangat menggembirakan […] atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, tanda-tanda skema ini menunjukkan bahwa masa depannya akan sangat gemilang”.<ref>Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 40-41</ref>
 +
 
 +
Pada tanggal 1 Maret 1958, sesuai dengan instruksi Hazrat Muslih Mau'ud (ra), Waqf-e-Jadid juga didirikan di India. Anggotanya adalah sebagai berikut:
 +
 
 +
# Sahibzada Mirza Waseem Ahmad Sahib (Penanggung Jawab Wakaf Jadid)
 +
# Maulvi Barkaat Ahmad Rajeki Sahib (anggota)
 +
# Malik Salahuddin Sahib MA (auditor dan anggota)
 +
# Maulvi B Abdullah Sahib Fazil (anggota)
 +
# Muhammad Karimullah Sahib, Editor Azad Naujawan dari Madras (anggota)
 +
# Seith Yusuf Ahmad Ilah Din Sahib (anggota)
 +
# Dr Syed Akhtar Ahmed Sahib (anggota)
 +
 
 +
Dalam Khotbah Jumat tanggal 7 Maret 1958, dari Perkebunan Muhammadabad, Hudhur mengatakan bahwa sudah hampir 25 tahun sejak perkebunan kami didirikan di sini. Namun, laju pertumbuhan Jemaat sangat lambat sampai sekarang.
 +
 
 +
Dia telah menyatakan:
 +
 
 +
“Jadi, Anda harus membawa transformasi dalam diri Anda dan menyadari tugas Anda. Saya telah memulai skema Waqf-e-Jadid setelah melihat orang-orang seperti itu yang tidak memperhatikan sepenuhnya tugasnya".<ref>Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 44</ref>
 +
 
 +
Hudhur menambahkan bahwa dia telah menyebutkan skema ini selama Jalsah Salanah, tetapi pada saat itu, orang-orang tidak sepenuhnya memahaminya. Sekarang, orang-orang secara bertahap menjadi sadar akan pentingnya hal itu.
 +
 
 +
Hudhur menyatakan bahwa jika 800 hingga 1.000 jamaah dapat terwujud dalam satu setengah tahun dan kemudian melalui masing-masing dari mereka, 5.000 orang menjadi sadar akan ajaran Islam dan melekat erat padanya, maka itu berarti bahwa 5 juta orang dapat menjadi teguh di atasnya. ajaran Islam setiap tahunnya. Dan cinta Islam dan Al-Qur'an dengan demikian akan tertanam dalam hati mereka dan dalam dua sampai tiga tahun, jumlah ini bisa mencapai puluhan juta.
 +
 
 +
Singkatnya, poin-poin penting berikut dari skema ini dijabarkan:
 +
 
 +
1. Di desa-desa, harus ditunjuk muallimin yang menyebarkan ajaran Al-Qur'an dan Ahmadiyah ke seluruh negeri
 +
 
 +
2. Untuk biaya muallimin ini, anggota Jemaat harus menyumbang setidaknya enam rupee per tahun dan pemilik tanah harus mendedikasikan sebagian dari tanah mereka untuk menyebarkan agama Islam
 +
 
 +
3. Jika ada cabang lokal di tempat tertentu yang jumlahnya kecil dan secara ekonomi kurang beruntung, maka dua atau tiga anggota dapat bersama-sama berpartisipasi dalam menyumbangkan chanda atau tanah
 +
 
 +
Pidato, pesan khusus dan khotbah Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menciptakan semangat pengorbanan yang besar di seluruh Jemaat. Banyak anggota Jemaat menjadi semakin terlibat dalam pengorbanan keuangan ini dengan mendedikasikan tanah dan memberikan sumbangan.
 +
 
 +
Pada tahun 1958, pendapatan Wakaf Jadid dari sumbangan adalah 59.719 rupee dan 1.771 rupee dari produksi tanah saja. Kemudian pendapatan ini mulai meningkat setiap tahunnya. Jumlah sumbangan pada tahun 1965 adalah 115.418 rupee, dan pendapatan tanah adalah 6.216 rupee.
 +
 
 +
Pada minggu pertama Mei 1958, 38 pusat aktif telah didirikan di bawah Wakaf Jadid. Anggaran pertama Wakaf Jadid untuk tahun 1958-1959 disiapkan dengan pendapatan dan pengeluaran 88.600 rupee.
 +
 
 +
Pada kesempatan Jalsah Salanah 1958, Hudhur berkata:
 +
 
 +
“Tahun ini 90 muallimin bekerja di bawah Waqf-e-Jadid dan janji 70.000 rupee datang dari Jemaat, yang hampir terpenuhi. Dengan demikian departemen ini bekerja dengan luar biasa. 400 orang melakukan Bai'at melalui Waqf-e-Jadid".<ref>Al Fazl, 25 Januari 1959, hal. 5</ref>
 +
 
 +
Pada tanggal 20 Oktober 1959, Hudhur mengangkat Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh sebagai Nazim Irshad (Direktur) Waqf-e-Jadid.
 +
 
 +
Pada kesempatan Jalsah Salanah 1959, Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menyatakan kepuasannya atas kegiatan Waqf-e-Jadid dan menyatakan:
 +
 
 +
“Tahun ini, pekerjaan yang lebih baik telah dilakukan daripada tahun lalu, jadi pekerjaan telah dimulai di Pakistan Timur [sekarang Bangladesh] dan satu inspektur dan empat muallimeen telah ditunjuk di sana. Tahun lalu, 500 orang melakukan Bai'at setelah melihat pendidikan dan pelatihan para mualim dan semangat mereka melayani kemanusiaan, sedangkan tahun ini, 628 orang telah melakukan Bai'at.
 +
 
 +
“Oleh karena itu, saya mendesak para anggota Jemaat untuk menyadari pentingnya skema ini dan memberikan perhatian penuh serta melakukan segala upaya untuk mensukseskannya; pastikan tidak ada anggota Jemaat yang tidak berpartisipasi dalam candah ini, meskipun memiliki kapasitas untuk melakukannya.
 +
 
 +
“Ingat, usia suatu bangsa jauh lebih tua dari usia manusia. Jadi Anda harus mencoba menyebarkan Ahmadiyah ke seluruh dunia pada waktu Anda".<ref>Al Fazl, 17 Februari 1960, hal. 4</ref>
 +
 
 +
Kemudian, pada awal tahun ketiga Wakaf Jadid, Hudhur mengatakan dalam pesan khususnya:
 +
 
 +
“Jadi, di mana Allah SWT telah mengangkat Anda dalam kekayaan, Anda juga harus menyumbang dengan murah hati untuk kemajuan Jemaat, sehingga Allah SWT dapat menyebarkan Islam Ahmadiyah di seluruh Pakistan dan di seluruh India. Semoga Allah SWT membantu Anda untuk mendengarkan panggilan waktu [...] Semoga Allah memungkinkan Anda untuk mendengar panggilan Langit dan panggilan Bumi juga, sehingga Anda dapat ditinggikan.
 +
 
 +
“Ingat, dia yang tidak mendengar panggilan Tuhan tepat waktu sangat disayangkan. Hari-hari itu telah tiba ketika seluruh dunia akan masuk Islam melalui Ahmadiyah. Jika Anda tidak memiliki bagian di dalamnya, itu akan sangat disayangkan bagi Anda! <ref>Al Fazl, 31 Desember 1959, hal. 1</ref>
 +
 
 +
Beberapa non-Muslim di Punjab Timur sangat terkesan dengan kegiatan keagamaan dan nasional Waqf-e-Jadid. Seorang pemimpin Sikh terkenal, Sardar Amar Singh, menulis sebuah artikel di Harian Akali Patrika Jalandhar edisi Desember 1960 dan menjelaskan program revolusioner Waqf-e-Jadid dan mengimbau semua Sikh untuk mengambil skema ini sebagai panutan bagi diri mereka sendiri dan mencoba untuk menyebarkan agama mereka dengan cara ini.
 +
 
 +
Kemudian, pada 27 Desember 1960, Hazrat Muslih Maudra menyampaikan risalah di awal tahun keempat Wakaf Jadid. Hudhur mengatakan bahwa jumlah Ahmadiyah meningkat melalui para pekerja Wakaf Jadid.
 +
 
 +
Dia mengungkapkan bahwa jika lebih banyak upaya dilakukan dan situasi keuangan Wakaf Jadid membaik, jumlah anggota Jemaat dapat lebih ditingkatkan.
 +
 
 +
Hudhur berkata:
 +
 
 +
“Jadi, di awal tahun baru, [saya katakan] ambil bagian dalam skema ini dengan lebih berani dan antusias daripada sebelumnya dan membuatnya sukses".<ref>Zamima Al Fazl, 12 Januari 1961, Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 37</ref>
 +
 
 +
Pada tahun 1960, Tahrik-e-Waqf-e-Jadid mengambil langkah praktis untuk berdakwah kepada komunitas Hindu Pakistan, yang hasilnya segera mulai terlihat.
 +
 
 +
Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh, Nazim Irshad Waqf-e-Jadid, menulis dalam laporan Waqf-e-Jadid bahwa perhatian para mualim telah berulang kali tertuju pada dakwah di daerah-daerah di mana komunitas Hindu tinggal.
 +
 
 +
Dia menyatakan bahwa pada tahun 1960, dia telah menyarankan agar para peramu Ahmadi yang terlatih didorong untuk mendedikasikan diri mereka untuk tugas ini dan mulai tinggal di daerah Hindu dengan biaya sendiri, di mana mereka harus mendakwahkan Islam selain mencari nafkah melalui praktik medis.
 +
 
 +
Dia melanjutkan dalam laporannya dengan menyatakan bahwa sebagai akibat dari gerakan ini, Muhammad Saeed Sahib, Inspektur Mal Tahrik-e-Jadid, menawarkan jasanya dan mulai berkhotbah di daerah terpencil Distrik Tharparkar di Sindh dalam kondisi yang sangat sulit dan tidak menguntungkan.
 +
 
 +
Kemudian, untuk pertama kalinya, empat orang dari apa yang disebut “bangsa tak tersentuh” di daerah itu diberkati untuk menerima Islam Ahmadiyah. Alhasil, Waqf-e-Jadid mampu membuka pusat reguler di pemukiman utama di sana.
 +
 
 +
Seorang Doktor Homeopati Muslim baru, Nisar Ahmad Rathore Sahib diangkat sebagai muallim di sana dan tiga orang Hindu dari tiga desa berbeda memeluk Islam Ahmadiyah.<ref>Tarikh-e-Ahmadiyyat, Jilid 20, hlm. 37-38</ref>
 +
 
 +
Pada tanggal 29 Desember 1962, fondasi markas Wakaf Jadid diletakkan. Ketika bangunan itu sebagian selesai, diresmikan pada 19 April 1964.
 +
 
 +
Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh mengajukan permohonan sumbangan untuk bangunan ini dengan menulis surat kepada para amir distrik dan anggota Jemaat lainnya. Dia menulis:
 +
 
 +
“Kantor ini telah dibangun melalui banyak kesulitan. Beberapa bulan yang lalu, pertemuan para amir distrik dan pejabat lainnya diadakan di luar kantor ini. Saat itu, hanya dinding yang dibangun dan tidak ada penataan atap. Tetapi para pekerja Anjuman Waqf-e-Jadid telah berusaha keras untuk memasang atap di seluruh bangunan dalam waktu yang begitu singkat”.<ref>Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 43</ref>
 +
 
 +
Tahrik-e-Waqf-e-Jadid, setelah upayanya yang besar untuk menyebarkan agama Islam di antara orang-orang Hindu, mengalihkan perhatiannya kepada orang-orang Kristen, yang berusaha keras untuk mengubah Muslim menjadi Kristen, yang telah menyebabkan kekhawatiran dan keresahan besar di masyarakat. lingkaran agama Pakistan.
 +
 
 +
Terkait hal ini, Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh, Nazim Irshad Waqf-e-Jadid, mengeluarkan surat edaran khusus kepada semua mualim Waqf-e-Jadid, di mana ia menulis bahwa pada saat itu, orang-orang Kristen di Pakistan lebih banyak memeluk Islam. Kekristenan daripada Ahmadiyah berhasil mengubah Kristen atau Hindu menjadi Islam di negara itu.
 +
 
 +
Dia menyatakan bahwa itu bukan hanya momen kesedihan yang besar, tetapi juga masalah kehormatan dan martabat kita. Dia mendorong Ahmadi untuk menyadari tanggung jawab mereka dalam memerangi tujuan ini dengan menyebarkan pesan Islam bahkan lebih sungguh-sungguh karena orang-orang Kristen mengubah 8.000 Muslim menjadi Kristen setahun.
 +
 
 +
Sehubungan dengan itu, juga dikirimkan formulir pendataan bersama dengan surat edaran ini. Tujuan dari formulir ini adalah untuk mengumpulkan fakta dan angka tentang upaya dakwah orang Kristen.
 +
 
 +
Pada tahun 1964, untuk pertama kalinya anggaran tahunan Waqf-e-Jadid diajukan ke Majlis-e-Mushawirat, yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran 150.000 rupee.
 +
 
 +
Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh, Nazim Irshad, menulis artikel rinci untuk memperkenalkan perwakilan Syura dengan pentingnya, tujuan dan layanan Waqf-e-Jadid. Diterbitkan dalam bentuk pamflet berjudul Waqf-e-Jadid Anjuman Ahmadiyah.
 +
 
 +
Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh mengusulkan rencana komprehensif untuk publikasi literatur, bekerja sama dengan Nazarat Islah-o-Irshad. Menurut ini, beberapa buku diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda, beberapa di antaranya diterbitkan oleh Nazarat Islah-o-Irshad dan beberapa oleh Waqf-e-Jadid. Melalui buku-buku ini, jutaan jiwa diberitahu tentang pengetahuan dan pemahaman Islam dan banyak jiwa saleh menerima kebenaran.
 +
 
 +
Pada pertengahan Juli 1964, Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh meminta pengorbanan keuangan dari anggota Jemaat. Beliau mengatakan bahwa Waqf-e-Jadid membutuhkan jamaah yang tulus yang mampu untuk menyumbangkan seribu rupee atau lebih setiap tahun.
 +
 
 +
Setelah ini, banyak anggota yang tulus berpartisipasi dalam jihad keuangan ini dengan membayar 500 atau 1.000 rupee, dengan beberapa bahkan lebih jauh dari ini.
 +
 
 +
Meskipun kelas pendidikan pendek bagi mualim Waqf-e-Jadid sudah diadakan sejak tahun 1958, namun untuk kelas pendidikan dan pelatihan ekstensif, Maktaba-e-Waqf-e-Jadid diluncurkan pada tahun 1965.
 +
 
 +
Bibit kecil Waqf-e-Jadid, yang ditanam oleh Hazrat Muslih Mau'ud (ra), terus berkembang melalui kebijaksanaannya yang tak tertandingi, rabun jauh dan bimbingan dan Jemaat terus menuai buahnya.
 +
 
 +
Selama periode Hazrat Khalifatul Masih III rh, skema ini menjadi lebih kuat dari hari ke hari dan Jemaat membuat kemajuan luar biasa melaluinya.
 +
 
 +
Sebelumnya, gerakan ini hanya terbatas di Pakistan dan India. Kemudian, dalam khotbah Jumatnya pada tanggal 27 Desember 1985, Hazrat Khalifatul Masih IV rh mengumumkan untuk menetapkan skema ini secara internasional.
 +
 
 +
Hari ini, seperti yang kita hidup di masa Hazrat Khalifatul Masih V (atba), skema ini memainkan perannya bahkan lebih dari sebelumnya dan Jemaat Muslim Ahmadiyah di seluruh dunia sedang menuai buahnya yang besar dan akan terus melakukannya. Insya Allah
 +
 
 +
Atas karunia Allah SWT, selama tahun ke-62 Waqf-e-Jadid (2019), anggota Jemaat mampu mengorbankan total £ 9,643 juta. Benih berkah yang ditaburkan oleh Hazrat Muslih Mau'ud (ra) pada tahun 1957 tumbuh subur dari tahun ke tahun, alhamdulillah.<ref group="Referensi Sumber">Alhakam - [https://www.alhakam.org/a-chronology-of-waqf-e-jadids-early-years-1957-1965/ A chronology of Waqf-e-Jadid’s early years (1957-1965)]</ref>
  
 
== Referensi ==
 
== Referensi ==
 
<references />
 
<references />
 +
 +
== Referensi Sumber Artikel ==
 +
<references group="Referensi Sumber" />

Revisi terkini pada 22 Januari 2022 03.54

Setelah pemisahan anak benua India, anggota Jamaah Ahmadiyah yang tinggal di kota-kota besar dapat mengambil manfaat dari nizam Jamaat dan mendirikan organisasi tambahan. Namun, mereka yang tinggal di desa tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menghidupkan kembali sarana pendidikan dan kesejahteraan moral yang diperlukan untuk membawa perubahan ruhani yang diajarkan Hazrat Mirza Ghulam Ahmad (as).

Maka, melalui petunjuk Allah Ta’ala, sebagai solusi atas masalah ini, Hazrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad (ra) memprakarsai skema Waqf-e-Jadid (Pengkhidmatan Baru) yang diberkahi. Skema ini dimulai pada 27 Desember 1957 (walaupun pertama kali disebutkan olehnya pada 9 Juli 1957, pada saat khutbah Idul Adha). Beliau telah menyatakan:

“Sekarang, saya meluncurkan skema untuk wakaf jenis baru. Saya telah menyebutkannya dalam sebuah khotbah pada 9 Juli 1957…

Tujuan dari wakaf ini adalah untuk membuat jaringan para muallimin kami (dai yang berkhidmat untuk Waqf-e-Jadid) dari Lahore ke Karachi. Harus ada muallim yang hadir di semua tempat dalam jarak dekat, yaitu 10 hingga 15 mil. Dia harus memulai madrasah atau menjalankan toko dan tinggal dan bekerja di antara orang-orang di area sepanjang waktu. Ini adalah skema yang sangat luas, tetapi saya telah memutuskan untuk mengambil hanya 10 muallim pada awalnya, mengingat biayanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa muallim dapat diambil dari Afrika atau negara lain, tetapi bagaimanapun juga, awalnya dengan 10 muallim dan kemudian lebih banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi ribuan”.[1] [Referensi Sumber 1]

Gerakan Waqf-e-Jadid juga merupakan salah satu prestasi besar Hazrat Muslih Mau'ud (ra) Dalam khotbah Idul Adha pada tanggal 9 Juli 1957, Hazrat Muslih Mau'ud menyatakan:

“Adalah keinginan saya bahwa jika ada anak-anak muda seperti itu yang memiliki keinginan di dalam hati mereka untuk mengikuti jejak Hazrat Khawaja Moinuddin Sahib Chishti (rh) dan Hazrat Shahabuddin Sahib Suhrawardy (rh), maka seperti halnya para pemuda Jemaat yang mendedikasikan hidup mereka di bawah Tahrik-e -Jadid, mereka harus mendedikasikan hidup mereka langsung kepada saya sehingga melalui saya, mereka dapat melakukan tugas mendidik umat Islam. Mereka harus menerima instruksi dari saya dan kemudian melayani di negara ini [Pakistan]. Negara kita tidak sepi dari segi populasi, tetapi sangat sepi dari segi ruhani […]

“Jadi saya ingin para pemuda Jemaat memiliki keberanian dan mendedikasikan hidup mereka untuk tujuan ini. Mereka tidak akan dipekerjakan di bawah Sadr Anjuman Ahmadiyah atau Tahrik Jadid, tetapi sebaliknya, mereka akan menggunakan cara-cara itu untuk penghidupan mereka, yang akan Aku beritahukan kepada mereka. Dengan demikian, mereka secara bertahap akan membangun komunitas [jamaat] baru di dunia [...] dan menciptakan Rabwah baru dan Qadian baru [...] Mereka akan mengajar orang-orang Al-Qur'an dan hadits dan melatih siswa mereka. Dengan cara ini, era sufi lama akan muncul kembali di seluruh negeri”.[2]

Dia kemudian menguraikan skema dalam pidatonya di Jalsah Salanah pada 27 Desember 1957 dan bersabda:

“Sekarang, saya meluncurkan skema untuk wakaf [pengabdian] jenis baru. Saya telah menyebutkannya dalam sebuah khotbah pada 9 Juli 1957 […] Tujuan dari wakaf ini adalah untuk menciptakan jaringan para mualim kami [muallim yang didedikasikan untuk skema Waqf-e-Jadid] dari Lahore ke Karachi. Muallim harus ada di semua tempat dalam jarak dekat, yaitu 10 sampai 15 mil. Dia harus memulai madrasah atau menjalankan toko dan tinggal dan bekerja di antara orang-orang di daerah itu sepanjang waktu.

“Ini adalah skema yang sangat luas, tetapi saya telah memutuskan untuk mengambil hanya 10 pengkhidmat pada awalnya, mengingat biayanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa pengkhidmat dapat diambil dari Afrika atau negara lain, tetapi bagaimanapun juga, awalnya adalah dengan 10 pengkhidmat dan kemudian lebih banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi ribuan”.[1]

Dalam khutbah Jum'atnya pada tanggal 3 Januari 1958, Hudhur mengatakan bahwa Jemaat harus ingat bahwa jika ingin membuat kemajuan, ia harus berkorban dan menyebarkan jaringan bimbingan dan reformasi. Hudhur berkata:

“Jadi saya mendesak Jemaat untuk memperhatikan wakaf ini sesegera mungkin dan menjadikan diri Anda penerima pahalanya. Ini adalah hadiah yang Anda dapatkan secara gratis. Jika Anda tidak mengambilnya, itu akan diberikan kepada orang lain, bukan Anda”.[3]

Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menulis pesan khusus kepada anggota Jemaat pada 5 Januari 1958 untuk menjelaskan lebih lanjut skema ini. Dia menyatakan bahwa pada 27 Desember 1957, dia telah mengajukan proposal penting untuk reformasi dan bimbingan, yang memiliki dua bagian, yaitu wakaf dan candah. Ia menjelaskan bahwa meskipun ia tidak menyatakan candah sebagai wajib, tetapi setiap Ahmadi harus berusaha untuk menyumbangkan enam rupee per tahun dalam satu lump sum atau melalui 12 kali angsuran.

Hudhur menyatakan bahwa Jemaat dapat dengan mudah memiliki 100.000 orang seperti itu dan jika mereka menyumbang dengan cara ini, Jemaat dapat dengan mudah menyebarkan skema bimbingan dan reformasi – dari Dhaka ke Karachi, dari Karachi ke Multan dan kemudian melalui Lahore dan Rawalpindi, ke Peshawar dan lembah Hazara.

Hudhur mengatakan bahwa lima permintaan telah diterima setelah khotbahnya, dua di antaranya adalah maulvi fazil [pemegang gelar] dan lainnya telah lulus ujian matrikulasi, dengan satu yang memiliki pendidikan sederhana.

Dalam pesan yang sama, Hudhur berkata:

“Tugas ini dari Tuhan Yang Maha Esa dan pasti akan terlaksana. Karena Tuhan Yang Maha Kuasa telah menaruh skema ini di hati saya, bahkan jika saya harus menjual rumah dan pakaian saya, saya akan tetap memenuhi kewajiban ini. Bahkan jika tidak ada satu pun anggota Jemaat yang mendukung saya, Tuhan akan memisahkan mereka yang tidak mendukung saya dan menurunkan malaikat dari Surga untuk membantu saya. Jadi, saya menyatakan sekali lagi demi itmam-e-hujjat [penyelesaian tanggung jawab] bahwa orang harus memperhatikan pengorbanan keuangan dan wakaf juga”.[4]

Hudhur berharap para pemilik tanah Ahmadi yang terhormat akan mendedikasikan tanah mereka di sekitar desa masing-masing, dari Karachi hingga Peshawar, untuk skema ini. Kemudian, para penyembah akan mengolah tanah itu dan itu akan membantu menjalankan skema.

Pada tanggal 5 Januari 1958, Muslih Mau'ud (ra) memerintahkan wakil-e-ala untuk mentransfer 600 rupee dari rekening pribadi Hudhur Tahrik-e-Jadid ke rekening Waqf-e-Jadid. Dengan cara ini, fondasi sistem keuangan Waqf-e-Jadid diletakkan melalui donasi yang diberkati ini.[5]

Pada 9 Januari 1958, Hudhur mengangkat Syed Munir Ahmad Sahib Bahri sebagai penanggung jawab Wakaf Jadid dan memerintahkannya untuk membuka kantor. Pada hari yang sama, kantor ini didirikan di gedung sekretariat swasta. Resolusi pertama Waqf-e-Jadid terjadi pada 13 Januari 1958.[6]

Kemudian, dalam khutbah Jum'atnya pada 10 Januari 1958, Hudhur mengatakan bahwa struktur wakaf yang dia hadirkan kepada Jemaat masih membutuhkan banyak uang. Diperlukan minimal 600.000 rupee per tahun untuk ini.

Hudhur menyebutkan bahwa Hazrat Sir Zafarullah Khan (ra) telah menjanjikan sumbangan atas namanya dan keluarganya dan juga berjanji untuk menyumbangkan 10 hektar tanahnya di bawah skema ini. Huzur ra mengatakan bahwa dia sendiri akan mendedikasikan 10 hektar di distrik Tharparkar atau distrik Hyderabad.

Lebih lanjut Hudhur bersabda:

“Perang kita bukanlah perang pedang, tetapi perang argumen. Dan selama perang argumen, orang yang memiliki semangat kerja tidak pernah mengatakan bahwa dia akan menunjukkan punggungnya di medan argumen, tetapi jika saatnya tiba untuk bersaing, dia akan menjadi yang pertama dan utama [untuk bersaing] dan tidak akan meninggalkan janji kurban sampai kematiannya”.[7]

Hudhur berharap jika contoh ini diikuti, maka menurutnya skema tersebut akan sukses besar.

Hudhur menambahkan:

“Lihatlah para Sahabat [Nabi Suci]: mereka dulu berperang dengan pedang dan mereka mati syahid di medan perang, tetapi mereka tidak takut sama sekali”.[8]

Setelah menceritakan pengorbanan para Sahabat, Hudhur mengatakan bahwa jika seseorang menciptakan keberanian seperti itu dalam diri mereka, maka menyebarkan agama bukanlah hal yang sulit.

Hudhur menambahkan:

“Rahmat Tuhan akan segera turun. Sekarang tidak mungkin bagi Surga untuk menahan bantuannya untuk waktu yang lama. Selama sekitar 25 hingga 26 tahun, Hadhrat Masih Mau'ud as mendengarkan hinaan dari musuh-musuhnya […] tetapi dia terus berkhotbah. Kemudian, kami juga melanjutkan tugas [tabligh] ini selama sekitar 50 tahun. Seluruh periode ini mencapai sekitar 75 tahun secara total. Lagi pula, Allah SWT tidak mengizinkan suatu bangsa dianiaya, dipukuli dan dirajam selama 75 tahun dan itupun tetap diam. Sekarang, saya pikir – lebih tepatnya, saya yakin – bahwa waktunya telah tiba bahwa pertolongan Allah Yang Mahakuasa akan turun dari Surga”.[9]

Pada 12 Januari 1958, Anjuman Waqf-e-Jadid resmi didaftarkan. Hudhur menyetujui anggota berikut:

  1. Pengacara Syekh Muhammad Ahmad Mazhar Sahib (Ketua)
  2. Syed Munir Ahmed Bahri Sahib (Sekretaris)
  3. Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh
  4. Maulana Abul Ata Jalandhari Sahib
  5. Maulvi Abul Munir Noorul Haq Sahib
  6. Maulvi Abdur Rahman Anwar Sahib
  7. Chaudhry Muhammad Sharif Sahib Fazil

Setelah itu, Hudhur menyampaikan pesan khusus lainnya pada 13 Januari 1958. Beliau menyatakan bahwa apakah seseorang mampu membayar 12 rupee setahun atau 50 rupee, mereka harus memberikan sumbangan sesuai dengan situasi keuangan mereka.

Hudhur mengatakan bahwa sumbangannya telah diterbitkan sebagai 600 rupee. Niatnya adalah jika Tuhan Yang Maha Kuasa memberinya kekuatan, dia akan menyumbangkan 6.000 rupee.

Hudhur menambahkan bahwa bahkan di bawah Tahrik-e-Jadid, dia tidak meningkatkan sumbangannya sekaligus. Tahun pertama, dia menyumbang 300 rupee, dan tahun ini, dia menjanjikan 11.000 rupee.

Hudhur berdoa agar Allah SWT akan membantunya untuk meningkatkan kontribusinya untuk skema ini hingga 25.000 rupee atau lebih, dan seluruh Jemaat harus secara kolektif menyumbangkan 600.000 hingga 700.000 rupee.

Dia mengatakan bahwa hanya dengan begitu Jemaat dapat menyebarkan jaringan bimbingan dan reformasi dari Karachi ke Peshawar, insya Allah.

Hudhur berdoa agar Allah membimbing anggota Jemaat dan membantu mereka untuk berpartisipasi dalam perbuatan baik dan memberkati kekayaan mereka sehingga mereka dapat secara efektif melayani di jalan agama.

Dalam khutbah Jum'atnya pada tanggal 17 Januari 1958, Hudhur menyebut upaya dakwah orang-orang Nasrani dan menyatakan bahwa jika mereka bisa begitu antusias dengan agama mereka, lalu mengapa tidak ada semangat di antara orang-orang untuk mendukung Islam, yang merupakan agama yang benar.

Hudhur berkata bahwa hanya kelalaian kami yang tidak membuat orang bersemangat; sebaliknya jika ada semangat di dalamnya, maka akan menyebar begitu luas sehingga Langit dan Bumi akan berguncang dan Islam akan terlihat di mana-mana di dunia.

Hudhur menjelaskan:

“Ketika kalian semua bergerak maju untuk ibadah, ketahuilah bahwa sangat penting bahwa jika satu juta orang bergerak maju dan masing-masing menyampaikan kebenaran kepada 10 orang, maka tahun berikutnya akan ada 10 juta Ahmadiyah. . Kemudian kita akan memiliki 100 juta Ahmadiyah tahun depan dan akhirnya, kita akan memiliki 1 miliar Ahmadiyah pada tahun berikutnya.

“Artinya Ahmadiyah akan menyebar ke hampir seluruh negara di dunia. Tapi ini membutuhkan antusiasme. Saat ini Jemaat kita berada dalam jumlah yang begitu besar, atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, sehingga jika memenuhi semua kewajiban dan membangkitkan semangat orang lain, maka dalam waktu yang sangat singkat, hanya akan ada Ahmadiyah di seluruh pelosok dunia.[10]

Seiring dengan sistem keuangan Waqf-e-Jadid, wawancara dan seleksi jamaah juga dimulai. Sambil menyetujui jamaah terpilih, Hudhur mengatakan bahwa perjuangan reformasi dan pendidikan harus dimulai melalui 10 muallimin sejak awal.

Sebuah kelas pelatihan singkat diatur dan segera, sekelompok muallimeen siap untuk lapangan.

Pada tanggal 31 Januari 1958, kantor Waqf-e-Jadid dan Majlis-e-Tujjaar [Asosiasi Pedagang] menyelenggarakan pesta malam terpisah untuk menghormati muallimeen, di mana Maulana Ghulam Rasool Rajekira dan Maulana Jalaluddin Syams Sahib masing-masing memimpin doa. .

Keesokan harinya, pada tanggal 1 Februari 1958, Hazrat Sahibzada Mirza Bashir Ahmad (ra) bersama anggota lainnya memimpin doa hening di Stasiun Kereta Rabwah dan delegasi pertama muallimin Waqf-e-Jadid berbaris menuju tujuan mereka.

Lima delegasi lagi dikirim pada bulan Maret, April, Mei dan September tahun yang sama. Dengan demikian, hingga September 1958, 81 muallimin Waqf-e-Jadid telah aktif.

Yaum-e-Waqf-e-Jadid (Hari Waqf-e-Jadid) pertama dirayakan pada tanggal 9 Februari 1958, untuk menyampaikan tiga tuntutan Waqf-e-Jadid kepada Jemaat dan untuk mengumpulkan daftar lengkap dengan janji-janji chanda dari anggotanya.

Dalam khotbah Jumatnya pada tanggal 28 Februari 1958, Hudhur berkata:

“Laporan yang datang saat ini sangat menggembirakan […] atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, tanda-tanda skema ini menunjukkan bahwa masa depannya akan sangat gemilang”.[11]

Pada tanggal 1 Maret 1958, sesuai dengan instruksi Hazrat Muslih Mau'ud (ra), Waqf-e-Jadid juga didirikan di India. Anggotanya adalah sebagai berikut:

  1. Sahibzada Mirza Waseem Ahmad Sahib (Penanggung Jawab Wakaf Jadid)
  2. Maulvi Barkaat Ahmad Rajeki Sahib (anggota)
  3. Malik Salahuddin Sahib MA (auditor dan anggota)
  4. Maulvi B Abdullah Sahib Fazil (anggota)
  5. Muhammad Karimullah Sahib, Editor Azad Naujawan dari Madras (anggota)
  6. Seith Yusuf Ahmad Ilah Din Sahib (anggota)
  7. Dr Syed Akhtar Ahmed Sahib (anggota)

Dalam Khotbah Jumat tanggal 7 Maret 1958, dari Perkebunan Muhammadabad, Hudhur mengatakan bahwa sudah hampir 25 tahun sejak perkebunan kami didirikan di sini. Namun, laju pertumbuhan Jemaat sangat lambat sampai sekarang.

Dia telah menyatakan:

“Jadi, Anda harus membawa transformasi dalam diri Anda dan menyadari tugas Anda. Saya telah memulai skema Waqf-e-Jadid setelah melihat orang-orang seperti itu yang tidak memperhatikan sepenuhnya tugasnya".[12]

Hudhur menambahkan bahwa dia telah menyebutkan skema ini selama Jalsah Salanah, tetapi pada saat itu, orang-orang tidak sepenuhnya memahaminya. Sekarang, orang-orang secara bertahap menjadi sadar akan pentingnya hal itu.

Hudhur menyatakan bahwa jika 800 hingga 1.000 jamaah dapat terwujud dalam satu setengah tahun dan kemudian melalui masing-masing dari mereka, 5.000 orang menjadi sadar akan ajaran Islam dan melekat erat padanya, maka itu berarti bahwa 5 juta orang dapat menjadi teguh di atasnya. ajaran Islam setiap tahunnya. Dan cinta Islam dan Al-Qur'an dengan demikian akan tertanam dalam hati mereka dan dalam dua sampai tiga tahun, jumlah ini bisa mencapai puluhan juta.

Singkatnya, poin-poin penting berikut dari skema ini dijabarkan:

1. Di desa-desa, harus ditunjuk muallimin yang menyebarkan ajaran Al-Qur'an dan Ahmadiyah ke seluruh negeri

2. Untuk biaya muallimin ini, anggota Jemaat harus menyumbang setidaknya enam rupee per tahun dan pemilik tanah harus mendedikasikan sebagian dari tanah mereka untuk menyebarkan agama Islam

3. Jika ada cabang lokal di tempat tertentu yang jumlahnya kecil dan secara ekonomi kurang beruntung, maka dua atau tiga anggota dapat bersama-sama berpartisipasi dalam menyumbangkan chanda atau tanah

Pidato, pesan khusus dan khotbah Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menciptakan semangat pengorbanan yang besar di seluruh Jemaat. Banyak anggota Jemaat menjadi semakin terlibat dalam pengorbanan keuangan ini dengan mendedikasikan tanah dan memberikan sumbangan.

Pada tahun 1958, pendapatan Wakaf Jadid dari sumbangan adalah 59.719 rupee dan 1.771 rupee dari produksi tanah saja. Kemudian pendapatan ini mulai meningkat setiap tahunnya. Jumlah sumbangan pada tahun 1965 adalah 115.418 rupee, dan pendapatan tanah adalah 6.216 rupee.

Pada minggu pertama Mei 1958, 38 pusat aktif telah didirikan di bawah Wakaf Jadid. Anggaran pertama Wakaf Jadid untuk tahun 1958-1959 disiapkan dengan pendapatan dan pengeluaran 88.600 rupee.

Pada kesempatan Jalsah Salanah 1958, Hudhur berkata:

“Tahun ini 90 muallimin bekerja di bawah Waqf-e-Jadid dan janji 70.000 rupee datang dari Jemaat, yang hampir terpenuhi. Dengan demikian departemen ini bekerja dengan luar biasa. 400 orang melakukan Bai'at melalui Waqf-e-Jadid".[13]

Pada tanggal 20 Oktober 1959, Hudhur mengangkat Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh sebagai Nazim Irshad (Direktur) Waqf-e-Jadid.

Pada kesempatan Jalsah Salanah 1959, Hazrat Muslih Mau'ud (ra) menyatakan kepuasannya atas kegiatan Waqf-e-Jadid dan menyatakan:

“Tahun ini, pekerjaan yang lebih baik telah dilakukan daripada tahun lalu, jadi pekerjaan telah dimulai di Pakistan Timur [sekarang Bangladesh] dan satu inspektur dan empat muallimeen telah ditunjuk di sana. Tahun lalu, 500 orang melakukan Bai'at setelah melihat pendidikan dan pelatihan para mualim dan semangat mereka melayani kemanusiaan, sedangkan tahun ini, 628 orang telah melakukan Bai'at.

“Oleh karena itu, saya mendesak para anggota Jemaat untuk menyadari pentingnya skema ini dan memberikan perhatian penuh serta melakukan segala upaya untuk mensukseskannya; pastikan tidak ada anggota Jemaat yang tidak berpartisipasi dalam candah ini, meskipun memiliki kapasitas untuk melakukannya.

“Ingat, usia suatu bangsa jauh lebih tua dari usia manusia. Jadi Anda harus mencoba menyebarkan Ahmadiyah ke seluruh dunia pada waktu Anda".[14]

Kemudian, pada awal tahun ketiga Wakaf Jadid, Hudhur mengatakan dalam pesan khususnya:

“Jadi, di mana Allah SWT telah mengangkat Anda dalam kekayaan, Anda juga harus menyumbang dengan murah hati untuk kemajuan Jemaat, sehingga Allah SWT dapat menyebarkan Islam Ahmadiyah di seluruh Pakistan dan di seluruh India. Semoga Allah SWT membantu Anda untuk mendengarkan panggilan waktu [...] Semoga Allah memungkinkan Anda untuk mendengar panggilan Langit dan panggilan Bumi juga, sehingga Anda dapat ditinggikan.

“Ingat, dia yang tidak mendengar panggilan Tuhan tepat waktu sangat disayangkan. Hari-hari itu telah tiba ketika seluruh dunia akan masuk Islam melalui Ahmadiyah. Jika Anda tidak memiliki bagian di dalamnya, itu akan sangat disayangkan bagi Anda! [15]

Beberapa non-Muslim di Punjab Timur sangat terkesan dengan kegiatan keagamaan dan nasional Waqf-e-Jadid. Seorang pemimpin Sikh terkenal, Sardar Amar Singh, menulis sebuah artikel di Harian Akali Patrika Jalandhar edisi Desember 1960 dan menjelaskan program revolusioner Waqf-e-Jadid dan mengimbau semua Sikh untuk mengambil skema ini sebagai panutan bagi diri mereka sendiri dan mencoba untuk menyebarkan agama mereka dengan cara ini.

Kemudian, pada 27 Desember 1960, Hazrat Muslih Maudra menyampaikan risalah di awal tahun keempat Wakaf Jadid. Hudhur mengatakan bahwa jumlah Ahmadiyah meningkat melalui para pekerja Wakaf Jadid.

Dia mengungkapkan bahwa jika lebih banyak upaya dilakukan dan situasi keuangan Wakaf Jadid membaik, jumlah anggota Jemaat dapat lebih ditingkatkan.

Hudhur berkata:

“Jadi, di awal tahun baru, [saya katakan] ambil bagian dalam skema ini dengan lebih berani dan antusias daripada sebelumnya dan membuatnya sukses".[16]

Pada tahun 1960, Tahrik-e-Waqf-e-Jadid mengambil langkah praktis untuk berdakwah kepada komunitas Hindu Pakistan, yang hasilnya segera mulai terlihat.

Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh, Nazim Irshad Waqf-e-Jadid, menulis dalam laporan Waqf-e-Jadid bahwa perhatian para mualim telah berulang kali tertuju pada dakwah di daerah-daerah di mana komunitas Hindu tinggal.

Dia menyatakan bahwa pada tahun 1960, dia telah menyarankan agar para peramu Ahmadi yang terlatih didorong untuk mendedikasikan diri mereka untuk tugas ini dan mulai tinggal di daerah Hindu dengan biaya sendiri, di mana mereka harus mendakwahkan Islam selain mencari nafkah melalui praktik medis.

Dia melanjutkan dalam laporannya dengan menyatakan bahwa sebagai akibat dari gerakan ini, Muhammad Saeed Sahib, Inspektur Mal Tahrik-e-Jadid, menawarkan jasanya dan mulai berkhotbah di daerah terpencil Distrik Tharparkar di Sindh dalam kondisi yang sangat sulit dan tidak menguntungkan.

Kemudian, untuk pertama kalinya, empat orang dari apa yang disebut “bangsa tak tersentuh” di daerah itu diberkati untuk menerima Islam Ahmadiyah. Alhasil, Waqf-e-Jadid mampu membuka pusat reguler di pemukiman utama di sana.

Seorang Doktor Homeopati Muslim baru, Nisar Ahmad Rathore Sahib diangkat sebagai muallim di sana dan tiga orang Hindu dari tiga desa berbeda memeluk Islam Ahmadiyah.[17]

Pada tanggal 29 Desember 1962, fondasi markas Wakaf Jadid diletakkan. Ketika bangunan itu sebagian selesai, diresmikan pada 19 April 1964.

Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmad Sahibrh mengajukan permohonan sumbangan untuk bangunan ini dengan menulis surat kepada para amir distrik dan anggota Jemaat lainnya. Dia menulis:

“Kantor ini telah dibangun melalui banyak kesulitan. Beberapa bulan yang lalu, pertemuan para amir distrik dan pejabat lainnya diadakan di luar kantor ini. Saat itu, hanya dinding yang dibangun dan tidak ada penataan atap. Tetapi para pekerja Anjuman Waqf-e-Jadid telah berusaha keras untuk memasang atap di seluruh bangunan dalam waktu yang begitu singkat”.[18]

Tahrik-e-Waqf-e-Jadid, setelah upayanya yang besar untuk menyebarkan agama Islam di antara orang-orang Hindu, mengalihkan perhatiannya kepada orang-orang Kristen, yang berusaha keras untuk mengubah Muslim menjadi Kristen, yang telah menyebabkan kekhawatiran dan keresahan besar di masyarakat. lingkaran agama Pakistan.

Terkait hal ini, Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh, Nazim Irshad Waqf-e-Jadid, mengeluarkan surat edaran khusus kepada semua mualim Waqf-e-Jadid, di mana ia menulis bahwa pada saat itu, orang-orang Kristen di Pakistan lebih banyak memeluk Islam. Kekristenan daripada Ahmadiyah berhasil mengubah Kristen atau Hindu menjadi Islam di negara itu.

Dia menyatakan bahwa itu bukan hanya momen kesedihan yang besar, tetapi juga masalah kehormatan dan martabat kita. Dia mendorong Ahmadi untuk menyadari tanggung jawab mereka dalam memerangi tujuan ini dengan menyebarkan pesan Islam bahkan lebih sungguh-sungguh karena orang-orang Kristen mengubah 8.000 Muslim menjadi Kristen setahun.

Sehubungan dengan itu, juga dikirimkan formulir pendataan bersama dengan surat edaran ini. Tujuan dari formulir ini adalah untuk mengumpulkan fakta dan angka tentang upaya dakwah orang Kristen.

Pada tahun 1964, untuk pertama kalinya anggaran tahunan Waqf-e-Jadid diajukan ke Majlis-e-Mushawirat, yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran 150.000 rupee.

Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh, Nazim Irshad, menulis artikel rinci untuk memperkenalkan perwakilan Syura dengan pentingnya, tujuan dan layanan Waqf-e-Jadid. Diterbitkan dalam bentuk pamflet berjudul Waqf-e-Jadid Anjuman Ahmadiyah.

Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh mengusulkan rencana komprehensif untuk publikasi literatur, bekerja sama dengan Nazarat Islah-o-Irshad. Menurut ini, beberapa buku diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda, beberapa di antaranya diterbitkan oleh Nazarat Islah-o-Irshad dan beberapa oleh Waqf-e-Jadid. Melalui buku-buku ini, jutaan jiwa diberitahu tentang pengetahuan dan pemahaman Islam dan banyak jiwa saleh menerima kebenaran.

Pada pertengahan Juli 1964, Hazrat Sahibzada Mirza Tahir Ahmadrh meminta pengorbanan keuangan dari anggota Jemaat. Beliau mengatakan bahwa Waqf-e-Jadid membutuhkan jamaah yang tulus yang mampu untuk menyumbangkan seribu rupee atau lebih setiap tahun.

Setelah ini, banyak anggota yang tulus berpartisipasi dalam jihad keuangan ini dengan membayar 500 atau 1.000 rupee, dengan beberapa bahkan lebih jauh dari ini.

Meskipun kelas pendidikan pendek bagi mualim Waqf-e-Jadid sudah diadakan sejak tahun 1958, namun untuk kelas pendidikan dan pelatihan ekstensif, Maktaba-e-Waqf-e-Jadid diluncurkan pada tahun 1965.

Bibit kecil Waqf-e-Jadid, yang ditanam oleh Hazrat Muslih Mau'ud (ra), terus berkembang melalui kebijaksanaannya yang tak tertandingi, rabun jauh dan bimbingan dan Jemaat terus menuai buahnya.

Selama periode Hazrat Khalifatul Masih III rh, skema ini menjadi lebih kuat dari hari ke hari dan Jemaat membuat kemajuan luar biasa melaluinya.

Sebelumnya, gerakan ini hanya terbatas di Pakistan dan India. Kemudian, dalam khotbah Jumatnya pada tanggal 27 Desember 1985, Hazrat Khalifatul Masih IV rh mengumumkan untuk menetapkan skema ini secara internasional.

Hari ini, seperti yang kita hidup di masa Hazrat Khalifatul Masih V (atba), skema ini memainkan perannya bahkan lebih dari sebelumnya dan Jemaat Muslim Ahmadiyah di seluruh dunia sedang menuai buahnya yang besar dan akan terus melakukannya. Insya Allah

Atas karunia Allah SWT, selama tahun ke-62 Waqf-e-Jadid (2019), anggota Jemaat mampu mengorbankan total £ 9,643 juta. Benih berkah yang ditaburkan oleh Hazrat Muslih Mau'ud (ra) pada tahun 1957 tumbuh subur dari tahun ke tahun, alhamdulillah.[Referensi Sumber 2]

Referensi

  1. 1,0 1,1 Al Fazl, 16 Februari 1957, hal. 3
  2. Al Fazl, 1 Agustus 1957, hlm.4-5
  3. Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 5
  4. Tarikh-e-Ahmadiyyat, Jilid 20, hlm. 6-7
  5. Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 19
  6. Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal.20
  7. Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 17
  8. Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 18
  9. Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 19-20
  10. Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 27-28
  11. Khutbat-e-Mahmud, Jilid 39, hlm. 40-41
  12. Khutbat-e-Mahmud, Vol. 39, hal. 44
  13. Al Fazl, 25 Januari 1959, hal. 5
  14. Al Fazl, 17 Februari 1960, hal. 4
  15. Al Fazl, 31 Desember 1959, hal. 1
  16. Zamima Al Fazl, 12 Januari 1961, Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 37
  17. Tarikh-e-Ahmadiyyat, Jilid 20, hlm. 37-38
  18. Tarikh-e-Ahmadiyyat, Vol. 20, hal. 43

Referensi Sumber Artikel