Khotbah-huzur-20221021

Dari Isa Mujahid Islam
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ringkasan Khutbah Jum’at Kutipan dari Khutbah Jum'at yang disampaikan oleh Hadhrat Khalīfatul-Masīh V aba pada 21 Oktober 2022 di Masjid Mubarak, Islamabad, UK.

Setelah membaca tasyahud, ta'awudz dan surah al-Fatihah, Hudhur, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad aba. bersabda bahwa baru-baru ini, beliau aba. mengunjungi Amerika Serikat dan alhmadulillah, dengan karunia Allah Ta’ala, tur ini berjalan dengan sangat baik.

Hudhur aba. menyampaikan bahwa para anggota telah mendapatkan berita mengenai kunjungan ini melalui MTA dan juga media-media elektronik lainnya, termasuk dari berbagai media lainnya. Karunia Allah Ta’ala begitu terlihat di setiap kesempatan selama tur ini, yang membawa dampak positif tidak hanya pada para Ahmadi di sana saja, tetapi juga kepada non-Ahmadi. Ada seorang pemuda yang mengatakan kepada temannya bahwa pada mulanya, dia memiliki beberapa keraguan tentang Ahmadiyah dan Khilafat. Akan tetapi, seluruh keraguan tersebut hilang sirna dengan adanya kunjungan ini. Hudhur aba. bersabda bahwa ada banyak contoh yang serupa seperti ini.

Kecintaan dan Ketulusan Muslim Ahmadi di USA

Hudhur aba. bersabda bahwa di Zion, Dallas dan Baitur Rahman, Maryland, ada banyak sekali laki-laki, wanita dan juga anak-anak yang berkumpul untuk mendirikan shalat. Mereka meluapkan ekspresi kecintaan dan perasaan mereka ketika Hudhur aba. berjalan menuju dan juga pulang dari masjid. Hal ini dengan jelas menunjukkan bahwa mereka memiliki kecintaan yang begitu mendalam kepada Khilafat di dalam hati mereka. Orang-orang mengantri berjam-jam hanya untuk masuk ke dalam masjid guna mendirikan shalat berjamaah. Pemandangan Ini dengan jelas menunjukkan bahwa dengan karunia Allah Ta’ala, orang-orang ini memiliki kecintaan kepada agama dan juga khalifah mereka. Anak-anak juga harus mengantri selama lima hingga enam jam karena ada berbagai macam pemeriksaan/screening. Akan tetapi, meskipun demikian, tidak ada seorang pun yang mengeluh. Seorang tamu di Sion justru berkomentar mengenai bagaimana pengaturan semua itu berjalan dengan sedemikian rupa lancarnya di mana meskipun ada berbagai pemeriksaan, namun tidak ada seorang pun yang mengajukan komplain/keberatan.

Hudhur aba. bersabda bahwa ada orang tua dari seorang anak berusia 11 atau 12 tahun yang menyampaikan kepada beliau aba. bahwa putera mereka mengantri berjamjam untuk shalat, padahal sebelumnya, dia tidak pernah menaruh perhatian yang sedemikian rupa besarnya seperti itu untuk menunaikan shalat. Hudhur aba. bersabda bahwa beliau aba. juga menyaksikan kecintaan dan ketulusan yang sangat besar terhadap Khilafat di dalam diri anak-anak. Hudhur aba. berdoa semoga semangat untuk mendirikan shalat ini senantiasa tetap terjaga serta semoga masjid-masjid ini selalu tetap ramai oleh orang-orang yang memakmurkannya.

Hudhur aba. bersabda bahwa di tempat yang penuh dengan gemerlap duniawi seperti halnya di Amerika ini, orang-orang mungkin berpikir bahwa tidak akan ada orang yang menaruh perhatian terhadap agama. Akan tetapi, Hudhur aba. menyampaikan bahwa beliau aba. justru melihat hal yang sebaliknya di dalam diri para Ahmadi selama tur ini. Di setiap tempat yang beliau aba. singgahi, ada banyak sekali orang yang datang hingga melebihi jumlah yang diperkirakan. Bahkan, di Baitur Rahman, Maryland, terkadang jumlah orang yang datang ketika itu melebihi jumlah orang yang hadir ketika acara Jalsah Salanah. Hudhur aba. berdoa semoga Allah Ta’ala senantiasa terus meningkatkan keikhlasan dan ketaatan di dalam diri semua Ahmadi.

Kesan-Kesan dari Para Tamu Undangan

Hudhur aba. bersabda bahwa beliau aba. akan menyampaikan kesan-kesan dari berbagai tamu non-Ahmadi selama tur ini.

Walikota Zion menyampaikan bahwa merupakan suatu kehormatan bagi dirinya untuk menyambut Hudhur aba. di kota Zion ini. Dia mengatakan bahwa motto Zion adalah “masa lalu yang bersejarah dan masa depan yang dinamis” dan Masjid Zion ini merupakan contoh yang sempurna dari motto tersebut. Dia mengatakan bahwa dengan peresmian masjid baru ini, dia memiliki harapan yang besar untuk masa depan kota ini, khususnya dengan keberadaan masjid ini dan juga Jemaat Ahmadiyah. Walikota kemudian mempersembahkan kunci kota Zion kepada Hudhur aba. Dia juga menyatakan bahwa Hudhur aba. telah membuatnya tidak bisa lagi berkata-kata

Anggota Majelis Illinois, Yang Terhormat Joyce Mason mengatakan bahwasanya dulu, Alexander Dowie berusaha untuk membangun masyarakat teokratis di mana tidak ada seorang pun yang boleh masuk kecuali pengikutnya. Namun pada hari ini, Zion adalah rumah bagi orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, sebagaimana yang dilambangkan oleh masjid yang baru ini. Dia mengucapkan selamat kepada Jemaat Muslim Ahmadiyah atas kemenangan yang agung ini.

Hudhur aba. lalu menyampaikan kesan dari Katrina Lantos, yang mengatakan, sungguh mengherankan ketika mengetahui betapa besarnya perhatian yang ditujukan kepada peristiwa mubahalah tersebut, meskipun media-media elektronik belum ada di masa itu. Dia mengatakan bahwa pendirian masjid ini jelas menunjukkan siapa yang menang dalam mubahalah tersebut. Akan tetapi, kemenangan ini bukan hanya kemenangan bagi Jemaat Muslim Ahmadiyah saja, tetapi juga untuk seluruh umat manusia.

Hudhur aba. menyampaikan kesan yang disampaikan oleh Dr. Craig Considine – seorang profesor Kristen yang telah menulis tentang Nabi Muhammad saw. – yang mengatakan bahwa dia merasa terhormat telah bertemu dengan Hudhur aba. Dia telah belajar banyak hal tentang Islam dari pidato yang Hudhur aba. sampaikan. Dia mengatakan bahwa cara Hudhur aba. menyampaikan topik mengenai Islam tersebut sangat mudah dipahami oleh setiap orang. Dia juga datang untuk mendengarkan Khutbah Jumat Hudhur aba. dan menyampaikan bahwa dia belum pernah mendengarkan khutbah seperti itu sebelumnya.

Hudhur aba. lalu menyampaikan kesan-kesan dari beberapa tamu lainnya yang berasal dari Zion, termasuk dari para pejabat, guru, para pekerja di unit layanan darurat, dan juga yang lainnya, di mana mereka semua mengungkapkan kekaguman mereka terhadap Hudhur aba. dan juga pesan-pesan yang beliau aba. sampaikan, persatuan dan keharmonisan yang beliau aba. serukan serta bagaimana cara beliau aba. menjelaskan sejarah Zion dan juga ajaran-ajaran Islam.

Hudhur aba. bersabda bahwa Masjid Baitul Ikram diresmikan di Dallas dan acara peresmiannya dihadiri oleh 140 orang tamu. Anggota Dewan Kota Allen, Carl Clemencich, menyerahkan kunci kota kepada Hudhur aba. dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pekerjaan-pekerjaan di bidang kemanusiaan yang telah dilakukan oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah. Dia mengatakan bahwa kota Allen sungguh sangat beruntung karena sebuah Jemaat yang penuh cinta damai dan memiliki jiwa kemanusiaan telah berdiri di kota ini.

Prof. Dr. Robert Hunt, Direktur Departemen Teologi Global di Sekolah Teologi Perkins di Southern Methodist University, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jemaat Muslim Ahmadiyah karena telah mengundangnya dan juga rekan-rekannya ke acara ini. Dia berterima kasih kepada Hudhur aba. karena telah mempromosikan kebebasan beragama dan juga dialog antar-agama.

Anggota Kongres dari Partai Republik, Yang Terhormat Michael McCaul mengatakan bahwa Jemaat Muslim Ahmadiyah menunjukkan bagaimana agama-agama Ibrahim (Yahudi, Kristen dan Islam) dapat hidup bersama-sama dan berdampingan dengan harmonis. Dia mengatakan bahwa saat ini, dia sedang membaca buku “AlMasih di Hindustan” dan dia akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai isi buku tersebut. Dia mengatakan bahwa banyak hal yang dapat dipelajari dari Jemaat Muslim Ahmadiyah, misalnya tentang perdamaian, kebaikan dan cinta kasih. Dia sangat menghargai upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah untuk menyebarkan perdamaian, menegakkan persatuan, dan menghapuskan ekstremisme dan kemiskinan.

Seorang tamu dari Gereja Presbytarian Utara menuturkan bahwa dia belum pernah melihat seorang pun yang berupaya dengan sebegitu kerasnya untuk menciptakan perdamaian dunia, seperti yang telah dilakukan oleh Hudhur aba. Dia mengatakan bahwa seharusnya orang-orang mendengarkan pidato beliau aba. tersebut, daripada merampas hak-hak tetangga dan sesama manusia. Apabila seperti itu, perdamaian pun pasti akan dapat tercipta.

Hudhur aba. lalu menyampaikan beberapa komentar dan juga kesan-kesan dari tamu-tamu lainnya yang berasal dari Dallas di mana mereka semua menyampaikan rasa penghargaan mereka terhadap upaya-upaya penuh cinta damai yang telah dilakukan oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah dan juga pidato Hudhur aba. yang sangat menginspirasi, yang menunjukkan bagaimana perdamaian yang sejati, persatuan, dan juga sikap saling mencintai satu sama lain itu dapat ditegakkan.

Hudhur aba. bersabda bahwa sebuah kompleks bangunan juga telah diresmikan di Fort Worth, Texas dan di sana, direncanakan akan dibangun sebuah kubah dan dua buah menara untuk menjadikannya sebuah masjid. Hudhur aba. bersabda bahwa bangunan itu adalah sebuah bangunan yang sangat bagus dan beliau aba. pun, satu kali, memimpin shalat maghrib di sana.

Seorang tamu dari Fort Worth mengatakan bahwa Hudhur aba. telah menyampaikan pesan yang sangat mulia dan secara khusus, dia sangat berterima kasih atas peringatan yang disampaikan oleh Hudhur aba. bahwasanya siapa pun yang ikut serta dalam perang dunia pasti akan hancur lebur.

Jangkauan dan Liputan Kegiatan-Kegiatan di USA

Hudhur aba. bersabda bahwa ada sebuah pameran di Zion yang isinya berkaitan dengan sejarah peristiwa mubahalah. Hudhur aba. menyampaikan bahwa Hadhrat Masih Mau'ud as. mengetahui ada 32 surat kabar yang memuat berita tentang peristiwa mubahalah tersebut. Akan tetapi beliau as. yakin bahwa masih banyak lagi surat kabar yang menulis berita tentangnya. Setelah penelitian lebih lanjut, Jemaat Ahmadiyah di Amerika Serikat berhasil menemukan 128 kliping berita dari surat kabar lainnya dari zaman Hadhrat Masih Mau'ud as., sehingga sekarang totalnya menjadi 160.

Hudhur aba. bersabda bahwa media Amerika juga meliput acara peresmian Masjid Zion, termasuk Asosiasi Press yang menulis artikel berjudul “Two prophets and a century-old prayer duel inspires Zion mosque” (Dua nabi dan Mubahalah berusia Seabad Menginspirasi Masjid Zion). Menurut situs mereka, pembacanya sekitar setengah dari populasi dunia. Artikel ini diterbitkan di 412 outlet di 13 negara, termasuk Washington Post, ABC News, Toronto Star, The Hill dan banyak surat kabar terkenal lainnya.

Hudhur aba. mengatakan bahwa 9 surat kabar terkenal, 6 publikasi online dan stasiun-stasiun radio di Kanada juga meliput acara peresmian masjid di Zion. Peresmian tersebut juga diliput oleh media-media di Inggris, Sierra Leone, Taiwan, India, Hong Kong, Peru, Filipina, Afrika Selatan, Tanzania, dan Vietnam.

Hudhur aba. bersabda bahwa MTA Afrika juga membuat liputan langsung untuk menayangkan pidato Hudhur aba. dari Zion dan Dallas. Berbagai macam berita juga telah disiapkan untuk ditayangkan di saluran-saluran lokal di berbagai belahan Afrika. Seorang mubayin baru dari Sierra Leone mengatakan bahwa jika dia mengetahui tentang peristiwa mubahalah dengan Alexander Dowie dan kemenangan akhir yang diperoleh oleh Hadhrat Masih Mau'ud as., maka dia mungkin telah bai’at 20 tahun yang lalu.

Hudhur aba. juga menyampaikan mulaqat beliau aba. dengan para mubayyin baru dan beliau aba. menceritakan beberapa kisah perjuangan dan penentanganpenentangan yang harus mereka hadapi. Atas permintaan seorang mubayyin baru, diadakan juga acara bai’at bersama secara langsung.

Hudhur aba. bersabda bahwa alhamdulilah, dengan karunia Allah Ta’ala, tur ini dianugerahi dengan berkah dan karunia-Nya dan beliau aba. berdoa, semoga berkah dan karunia Allah Ta’ala tersebut senantiasa turun.

Catatan Penterjemah

Diringkas oleh: The Review of Religions

Diterjemahkan oleh: IHR